Pengertian dan Fungsi Aplikasi Prodeskel - Desa Pasirmukti - Karawang

Breaking

BANNER 1

SDGs Desa

g" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">

Kamis, 25 Januari 2018

Pengertian dan Fungsi Aplikasi Prodeskel




Tata cara pengisian
Sistem Informasi Profil Desa dan Kelurahan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
(Prodeskel PMD)


Sistem Informasi Profil Desa dan Kelurahan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Prodeskel PMD) merupakan sistem informasi (aplikasi) berbasis Web (Online) dimana pedoman penyusunan dan pendayagunaan datanya berlandaskan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 (Permendagri 12/2007). Permendagri 12/2007 tersebut merupakan amanat UU 32/2004 tentang pemerintahan daerah dan UU 26/2007 tentang Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Ditjen PMD) yang diharuskan untuk mengembangkan sistem teknologi komunikasi dan informasi nasional di bidang Profil Desa dan Kelurahan.

Penggunaan Prodeskel PMD ini diharapkan menjadi media komunikasi antara Pusat dan Daerah, alat pemantau potensi dan tingkat perkembangan, sebagai laboratorium pusat kajian akademis masalah-masalah sosial dan ekonomi desa dan kelurahan serta sumber data bagi kementerian dan lembaga yang ingin merencanakan program-program pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang yang berbasis pada data desa dan kelurahan.

Prodeskel PMD adalah sistem informasi yang pengelolaannya oleh Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri. Visi yang hendak dicapai oleh Prodeskel PMD adalah menjadi penyelenggara PUSAT DATA DESA dan KELURAHAN di INDONESIA yang TERINTEGRASI dan BERKELANJUTAN. Pengguna Prodeskel PMD yang diregistrasi mulai dari tingkat desa/kelurahan sampai dengan tingkat nasional sehingga dimasa kini dan yang akan datang sistem ini berfungsi sebagai sarana untuk menggali data dan informasi yang akurat dan terkini mengenai desa dan kelurahan.

Penggunaan Prodeskel PMD ini diharapkan menjadi media komunikasi antara Pusat dan Daerah, alat pemantau potensi dan tingkat perkembangan, sebagai laboratorium pusat kajian akademis masalah-masalah sosial dan ekonomi desa dan kelurahan serta sumber data bagi kementerian dan lembaga yang ingin merencanakan program-program pembangunan jangka pendek, menengah dan panjang yang berbasis pada data desa dan kelurahan. Spesifikasi minimal perangkat keras dan lunak yang dibutuhkan untuk dapat mengoperasikan/menjalankan aplikasi ini adalah sebagai berikut :

1.1 PERANGKAT KERAS

Perangkat keras dapat menjalankan aplikasi ini daftarnya adalah sebagai berikut :
• Komputer Personal (Desktop atau Notebook) - (Direkomendasikan)
• Tablet
• Smartphone
• Printer (Opsional)

1.2 PERANGKAT LUNAK

Perangkat lunak yang dibutuhkan untuk dapat mengoperasikan perangkat keras tersebut diatas adalah sebagai berikut :
• Sistem Operasi :
- Microsoft Windows XP / 7 / 8 untuk Komputer Personal
- Android untuk Tablet dan Smartphone
- MacOS untuk MacBook, iPad dan iPhone
- Windows Phone untuk tablet dan smartphone berbasis Windows
• Printer PDF : Bullzip, CutePDF (opsional), dapat diunduh secara gratis dari internet.

1.3 KONEKSI INTERNET

Internet (Interconnected Network) merupakan suatu jaringan yang menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya diseluruh dunia. Melalui Internet, komputer dapat saling terhubung untuk berkomunikasi, berbagi dan memperoleh informasi. Dengan semakin berkembangnya pemanfaatan internet di dunia menjadikan internet seolah-oleh menjadi dunia sendiri sehingga sering disebut sebagai dunia maya (cyberspace). Internet adalah suatu sistem jaringan komunikasi komputer global yang saling terhubung dengan menggunakan standar Transmission Control Protokol / Internet Protokol (TCP/IP). Koneksi internet dapat diperoleh dengan cara kita membeli kuota atau berlangganan di penyedia jasa internet (ISP), semakin mahal “pada umumnya semakin handal” untuk digunakan. Terdapat beberapa jenis layanan yang umumnya sering digunakan yaitu :
• Koneksi Mobile yaitu layanan koneksi internet menggunakan frekwensi radio GSM atau CDMA. Contohnya : Telkomsel, Indosat, 3, Bolt dan lain-lain.
• Koneksi tetap layanan koneksi internet menggunakan Jaringan Kabel Telepon Rumah (fixed line). Contohnya : Telkom Speedy
• Koneksi tetap layanan koneksi internet menggunakan Jaringan Kabel Serat Optik, contohnya : biznet, firstmedia dan lain-lain

1.4 PERAMBAN WEB

Web browser (browser), peramban ramatraya disebut juga penjelajah web, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Menu bar browser memiliki beberapa fasilitas seperti membuka halaman baru, menyimpan copy halaman yang kita kehendaki, cetak halaman, menyimpan riwayat atau halaman-halaman yang pernah kita kunjungi, bookmark alamat, serta pengaturan browser. Bagian browser yang paling sering digunakan adalah alamat web (Address Bar) yaitu bagian browser untuk mengentri alamat web yang akan dituju/dijelajahi. Daftar peramban web populer yang dapat digunakan antara lain adalah :
• Google Chrome - (Direkomendasikan)
• Mozilla Firefox - (Direkomendasikan)
• Internet Explorer
• Opera
• Safari
ANATOMI SISTEM

Sistem informasi ini dibuat secara khusus sesuai dengan pesanan (Customized) untuk memenuhi kebutuhan data dan informasi. Sistem ini dibuat dengan menggunakan teknologi pemrograman terkini yang berbasis PHP sehingga dapat memberikan kemudahan bagi pengguna sistem. Secara garis besar sistem ini mempunyai anatomi sebagai berikut :



Gambar 3.1 Anatomi Sistem.

Penjelasan bagian-bagian anatomi dalam sistem ini adalah sebagai berikut :
• Banner aplikasi ini: Sebuah gambar grafis yang menunjukkan identitas sistem ini
• Bar Menu Atas : Bar yang digunakan untuk menempatkan menu-menu pokok dan laporan yang berhubungan dengan pengguna yang aktif
• Bar Menu Samping : Bar yang digunakan untuk menempatkan menu-menu laporan per sektor yang bersifat umum
• Kontainer : Penyusunan informasi per kelompok dalam kotak
• Halaman Data : Halaman yang digunakan untuk menampilkan data atau informasi

Secara skematis rancangan antarmuka dalam sistem ini adalah sebagai berikut :



Gambar 3.2 Skema Antarmuka Sistem.

3.1 BAR MENU ATAS

Bar Menu Atas adalah bagian dari halaman sistem untuk menempatkan menu dan submenu secara horizontal. Menu dan submenu yang diletakkan dalam Bar Menu Atas ini biasanya berhubungan dengan pengguna yang aktif yaitu untuk Entri, Edit, Hapus data dan laporan-laporan. Akses menu dan submenu dilakukan dengan cara menempatkan kursor diatas menu, secara otomatis sistem akan menampilkan submenu yang terdapat di dalamnya. Eksekusi dilakukan dengan cara melakukan klik submenu yang diinginkan. Misalnya dalam gambar di bawah ini, jika kita ingin mengeksekusi submenu Glosarium, maka letakkan kursor di atas menu Utama kemudian klik Glosarium.




Gambar 3.3 Bar Menu Atas.

3.2 BAR MENU SAMPING

Bar Menu Samping adalah bagian dari halaman sistem untuk menempatkan menu dan submenu secara vertikal. Menu dan submenu yang diletakkan dalam Bar Menu Samping ini biasanya berhubungan dengan data yang disusun berdasarkan sektor (laporan). Sama halnya dengan Bar Menu Atas, akses menu dan submenu dilakukan dengan cara menempatkan kursor diatas menu, secara otomatis sistem akan menampilkan submenu yang terdapat di dalamnya. Eksekusi dilakukan dengan cara melakukan klik submenu yang diinginkan. Misalnya dalam gambar di bawah ini, jika kita ingin mengeksekusi submenu Kantor Desa/Kelurahan, maka letakkan kursor di atas menu Prasarana Wilayah kemudian klik Kantor Desa/Kelurahan.



Gambar 3.4 Bar Menu Samping.

3.3 MENU POHON

Menu Pohon adalah bagian dari halaman sistem untuk menempatkan menu dan submenu secara vertikal dengan anatomi seperti pohon. Menu pohon ini hanya disediakan untuk pengguna tingkat desa/kelurahan yaitu untuk melakukan Entri Data DDK, Potensi dan Tingkat Perkembangan. Menu pohon ini dapat ditutup atau dibuka dengan cara klik garis pembatas yang berwarna lebih gelap seperti gambar di bawah ini. Untuk memperlebar dilakukan dengan cara meletakkan kursor di atas garis pembatas, saat kursor berubah menjadi , klik kanan dan tahan, kemudian gerakkan mouse ke kanan untuk memperlebar atau ke kiri untuk memperkecil dan lepaskan.

Akses menu dan submenu dilakukan dengan cara klik tanda “+”atau nama menu, secara otomatis sistem akan menampilkan daftar submenu yang terdapat di dalamnya. Eksekusi dilakukan dengan cara melakukan klik submenu yang diinginkan. Pewarnaan nama menu dan submenu dibedakan menjadi dua yaitu : warna hitam menunjukkan nama menu dan tidak bisa dieksekusi serta warna biru menunjukkan submenu dan bisa dieksekusi. Misalnya dalam gambar di bawah ini, jika kita ingin mengeksekusi submenu Jenis Lahan, maka klik menu Potensi Sumberdaya Alam, kemudian klik Jenis Lahan.



Gambar 3.5 Menu Pohon.

3.4 TOMBOL DAN AIKON

Fungsi-fungsi yang terdapat dalam sistem ini direpresentasikan dalam bentuk Tombol dan Aikon. Eksekusi Tombol dan Aikon dilakukan dengan cara melakukan klik terhadap Tombol atau Aikon yang diinginkan. Perbedaan utama antara Tombol dan Aikon adalah bentuk dan sifat prosesnya yaitu :
• Tombol berbentuk kotak segi empat dan didalamnya terdapat nama fungsi, Aikon berbentuk simbol atau gambar mini
• Tombol digunakan untuk melakukan proses untuk seluruh data di halaman yang aktif, Aikon digunakan untuk melakukan proses yang berhubungan dengan satu baris data

Tabel 1 Daftar Aikon.

No Aikon Deskripsi
1 Pengaturan Grafik
2 Topik Forum
3 Masuk ke Forum
4 Pemilih Tanggal
5 Menampilkan Grafik Batang atau Pai
6 Keterangan atau Deskripsi
7 Mengurutkan Nilai (Menaik atau Menurun)
8 Menulis Komentar
9 Edit Data yang Sebaris
10 Mutasi Masuk
11 Mutasi Keluar
12 Daftar Anggota Keluarga
13 Pencarian atau Rincian Data
14 Ke Halaman Pertama
15 Ke Halaman Sebelumnya
16 Ke Halaman Sesudahnya
17 Ke Halaman Akhir

Tabel 2 Daftar Tombol.

No Jenis Tombol Deskripsi
1 Pengaturan Kolom Halaman aktif
2 Pengurutan Data lebih dari satu Kolom Kunci
3 Pencarian Khusus dengan Kriteria Majemuk
4 Ekspor data ke file CSV
5 Ekspor data ke file CSV
6 Preview Halaman aktif untuk pencetakan ke printer
7 Pengelompokan data untuk membuat rekapitulasi
8 Rekapitulasi/Ringkasan data sesuai dengan pengelompokannya
9 Kembali ke halaman sebelumnya
10 Menyalin satu baris data (1 record)
11 Menyisipkan data baru
12 Menyimpan data yang sedang aktif
13 Menghapus satu baris data (1 record)
14 Menyisipkan Kepala Keluarga baru
15 Menyisipkan Anggota Keluarga baru


3.5 GRID

Grid adalah halaman yang digunakan untuk menampilkan data tertentu yang terdapat dalam basisdata berbentuk tabel yang terdiri atas kolom dan baris seperti gambar di bawah ini. Grid merupakan halaman awal bagi pengguna untuk dapat melakukan proses selanjutnya berupa entri, edit, hapus dan salin data atau untuk pembuatan laporan. Sebagian besar fungsi-fungsi yang terdapat dalam sistem ini ditempatkan di halaman grid ini, misalnya : Pencarian Cepat, Pencarian Khusus, Pengurutan dan lain-lain.



Gambar 3.6 Grid.

3.6 FORM

Form adalah halaman yang digunakan untuk melakukan proses entri, edit, hapus dan salin data seperti gambar di bawah ini. Fungsi-fungsi standar yang terdapat dalam kolom antara lain adalah : Salin Data, Data Baru, Simpan dan Hapus. Proses edit, entri dan salin data yang telah dilakukan harus diakhiri dengan melakukan klik Simpan sebagai tanda bahwa proses telah selesai dan data akan disimpan dalam basisdata sistem.



Gambar 3.7 Form.

DESKRIPSI MENU

Prodeskel PMD adalah sistem yang dibuat dengan beberapa klasifikasi pengguna. Pengguna utama dari sistem ini adalah pengguna tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi. Masing-masing klasifikasi pengguna memiliki perbedaan menu yang terdapat di dalamnya terutama pengguna tingkat Desa/Kelurahan. Rincian deskripsi menu adalah sebagai berikut :

• PENGGUNA TINGKAT DESA/KELURAHAN

No Nama Menu Sub Menu Sub-Sub Menu Deskripsi
1 Beranda Halaman awal pengguna
2 Utama Data Pokok Intisari data Potensi dan Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan
Berita Penting Berita atau pemberitahuan yang dikeluarkan Oleh Ditjen PMD untuk pengguna Prodeskel PMD tingkat Desa/Kelurahan sampai dengan Provinsi
Analisis Hasil penilaian indikator yang menghasilkan nilai indeks untuk menentukan klasifikasi Desa/Kelurahan
Publikasi
Glosarium Definisi dan pengertian terhadap setiap pertanyaan dalam kuesioner Potensi, Tingkat Perkembangan dan Data Dasar Keluarga
Agenda Kegiatan Daftar kegiatan di seluruh daerha yang berhubungan dengan Profil Desa/Kelurahan
Galeri Foto Daftar foto-foto kegiatan di seluruh daerah
TA Pendamping Daftar Tenaga Ahli Pendamping Prodeskel PMD untuk penempatan di daerah
3 D D K Entri Data Entri, Edit dan Hapus Data Kepala Keluarga, Anggota Keluarga dan Kuesioner Data Dasar Keluarga
KK dan Anggota Keluarga Daftar Kepala Keluarga dan Anggota Keluarga yang sudah di-entri dan dapat menjadi bahan untuk membuat laporan. Menu ini dapat juga digunakan untuk melakukan Entri, Edit dan Hapus Data Kepala Keluarga dan Anggota Keluarga saja.
Pembaharuan Data Memperbaharui data Potensi dan Tingkat Perkembangan yang relevan dengan Data Dasar Keluarga
Laporan Kepala Keluarga Kesejahteraan Keluarga Daftar Kepala Keluarga yang mendapatkan Beras Miskin, BLT/BLSM dan Peserta BPJS/Jamkesnas dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
Kondisi Fisik Rumah Daftar kondisi fisik rumah (berdasarkan jenis atap, dinding dan lantai) per Kepala Keluarga dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
Kualitas Ibu Hamil dan Bayi Daftar Kepala Keluarga yang pernah memiliki Ibu Hamil, Bayi serta jenis-jenis penanganannya dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
Laporan Anggota Keluarga Kelompok Umur Klasifikasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - kelompok umur dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
Kondisi Fisik Klasifikasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - kondisi fisik dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
Kondisi Kejiwaan Klasifikasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - kondisi kejiwaan dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
Golongan Darah Klasifikasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - golongan darah dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
Hubungan Keluarga Klasifikasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - hubungan keluarga dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
Kontrasepsi KB Klasifikasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - penggunaan kontrasepsi KB dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
Mata Pencaharian Klasifikasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - mata pencaharian dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
Pendidikan Klasifikasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - pendidikan dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
Status Perkawinan Klasifikasi jumlah penduduk menurut jenis kelamin - satus perkawinan dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
Tingkat Kelahiran Grafik tingkat kelahiran penduduk per tahun dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
4 Potensi Entri Data Entri, Edit dan Hapus data Potensi Desa/Kelurahan
Laporan Terkini Laporan data Potensi Desa/Kelurahan yang terbaru (terkini) berdasarkan tanggal data
Laporan Rekapitulasi Laporan rekapitulasi data Potensi Desa/Kelurahan yang terbaru (terkini) berdasarkan tanggal data
Salin Data antar Tahun Menyalin data Potensi Desa/Kelurahan yang sudah ada dalam basisdata ke data tahun berikutnya
5 Perkembangan Entri Data Entri, Edit dan Hapus data Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan
Laporan Terkini Laporan data Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan yang terbaru (terkini) berdasarkan tanggal data
Laporan Rekapitulasi Laporan rekapitulasi data Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan yang terbaru (terkini) berdasarkan tanggal data
Salin Data Antar Tahun Menyalin data Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan yang sudah ada dalam basisdata ke data tahun berikutnya
6 Mutasi Keluar Desa/Kelurahan AK Pindah atau Meninggal Memutasikan penduduk yang meninggal atau yang pindah alamat keluar Desa/Kelurahan
KK Pindah Alamat Memutasikan Kepala Keluarga dan Anggotanya yang pindah alamat keluar Desa/Kelurahan
Masuk Desa/Kelurahan Proses Mutasi AK Memutasikan penduduk yang pindah alamat masuk ke Desa/Kelurahan
Proses Mutasi KK Memutasikan Kepala Keluarga dan Anggotanya yang pindah alamat masuk ke Desa/Kelurahan
Laporan Mutasi Keluar Laporan Penduduk/Kepala Keluarga yang pindah alamat keluar Desa/Kelurahan
Mutasi Masuk Laporan Penduduk/Kepala Keluarga yang pindah alamat masuk ke Desa/Kelurahan
7 Utilitis Panduan Teknis Buku panduan online yang berisi penjelasan teknis penggunaan sistem Prodeskel PMD
Pesan Singkat Mengirimkan pesan singkat ke sesama pengguna Prodeskel PMD
Unduh Dokumen Daftar dokumen yang berhubungan dengan Profil Desa/Kelurahan yang dapat diunduh
Ubah Kata Sandi Mengubah kata sandi yang sedang berlaku menjadi kata sandi yang baru
Koordinat Desa/Kelurahan Link untuk pencarian koordinat desa/kelurahan
Konversi Satuan Konversi satuan
8 Tautan Kementerian Dalam Negeri Tautan atau link dengan web resmi Kementerian Dalam Negeri
Kementerian PPN/Bappenas Tautan atau link dengan web resmi Kementerian PPN/Bappenas
Kementerian Pertanian Tautan atau link dengan web resmi Kementerian Pertanian
Badan Pusat Statistik Tautan atau link dengan web resmi Badan Pusat Statistik
Kependudukan dan Catatan Sipil Tautan atau link dengan web resmi Kependudukan dan Catatan Sipil
Badan Koordinasi KB Nasional Tautan atau link dengan web resmi Badan Koordinasi KB Nasional
Bakosurtanal Tautan atau link dengan web resmi Bakosurtanal (Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional)
Peta Dunia Tautan atau link dengan web peta dunia (Bing)
9 Forum Forum diskusi online sesama pengguna Prodeskel PMD
10 Keluar Keluar dari Prodeskel PMD
11 [Nama Deskel] Edit data identitas pengguna tingkat Desa/Kelurahan

• Pengguna Tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi

No Nama Menu Sub Menu Deskripsi
1 Beranda Halaman awal pengguna
2 Utama Glosarium Definisi dan pengertian terhadap setiap pertanyaan dalam kuesioner Potensi, Tingkat Perkembangan dan Data Dasar Keluarga
Berita Penting Berita atau pemberitahuan yang dikeluarkan Oleh Ditjen PMD untuk pengguna Prodeskel PMD tingkat Desa/Kelurahan sampai dengan Provinsi
Publikasi
Agenda Kegiatan Daftar kegiatan di seluruh daerha yang berhubungan dengan Profil Desa/Kelurahan
Galeri Foto Daftar foto-foto kegiatan di seluruh daerah
TA Pendamping Daftar Tenaga Ahli Pendamping Prodeskel PMD untuk penempatan di daerah
3 Progres Data Pokok Intisari data Potensi dan Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan
Analisis Hasil penilaian indikator yang menghasilkan nilai indeks untuk menentukan klasifikasi Desa/Kelurahan
Progres Pengisian Data Rekapitulasi jumlah Desa/Kelurahan yang telah mengisi data Potensi dan Tingkat Perkembangan
Persentase Data Isian Persentase jumlah jenis data yang telah di-entri sesuai dengan masing-masing kategori
Progres Kecamatan Progres entri data Profil Desa dan Kelurahan berbasis kecamatan
Progres Kabupaten/Kota Progres entri data Profil Desa dan Kelurahan berbasis kabupaten/Kota
Progres Pendampingan Progres entri data Profil Desa dan Kelurahan berbasis pendampingan oleh Tenaga Ahli dari Pusat
4 DDK KK dan Anggota Keluarga Daftar Kepala Keluarga dan Anggota Keluarga yang di-entri oleh Desa/Kelurahan
Rekapitulasi Kepala Keluarga Rekapitulasi jumlah Kepala Keluarga per Desa/Kelurahan
Kesejahteraan Keluarga Daftar Kepala Keluarga yang mendapatkan Beras Miskin, BLT/BLSM dan Peserta BPJS/Jamkesnas dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
Kondisi Fisik Rumah Daftar kondisi fisik rumah (berdasarkan jenis atap, dinding dan lantai) per Kepala Keluarga dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
Kualitas Ibu Hamil dan Bayi Daftar Kepala Keluarga yang pernah memiliki Ibu Hamil, Bayi serta jenis-jenis penanganannya dan merupakan hasil pengolahan dari Data Dasar Keluarga
5 Laporan Perkembangan Indeks Nilai indeks komposit Desa/Kelurahan per tahun
Data Pokok Laporan data pokok des/kelurahan
Potensi Terkini Laporan data Potensi Desa/Kelurahan yang terbaru (terkini) berdasarkan tanggal data
Tk. Perkembangan Terkini Laporan data Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan yang terbaru (terkini) berdasarkan tanggal data
Rekapitulasi Potensi Laporan rekapitulasi data Potensi Desa/Kelurahan yang terbaru (terkini) berdasarkan tanggal data
Rekapitulasi Perkembangan Laporan rekapitulasi data Tingkat Perkembangan Desa/Kelurahan yang terbaru (terkini) berdasarkan tanggal data
6 Lembaga Edit Profil Lembaga Edit data profil lembaga Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa di masing-masing daerah (Kabupaten/Kota dan Provinsi)
Edit Pokja Prodeskel Edit data kelompok kerja Profil Desa dan Kelurahan yang aktif di masing-masing daerah
Entri Agenda Kegiatan Entri data agenda kegiatan yang berhubungan dengan Profil Desa dan Kelurahan
Entri Galeri Kegiatan Entri data foto-foto kegiatan yang berhubungan dengan Profil Desa dan Kelurahan
7 Utilitis Panduan Teknis Buku panduan online yang berisi penjelasan teknis penggunaan sistem Prodeskel PMD
Unduh Dokumen Daftar dokumen yang berhubungan dengan Profil Desa/Kelurahan yang dapat diunduh
Reset Kata Sandi Mengatur ulang kata sandi pengguna tingkat Desa/Kelurahan
Ubah Kata Sandi Mengubah kata sandi yang sedang berlaku menjadi kata sandi yang baru
8 Tautan Kementerian Dalam Negeri Tautan atau link dengan web resmi Kementerian Dalam Negeri
Kementerian PPN/Bappenas Tautan atau link dengan web resmi Kementerian PPN/Bappenas
Kementerian Pertanian Tautan atau link dengan web resmi Kementerian Pertanian
Badan Pusat Statistik Tautan atau link dengan web resmi Badan Pusat Statistik
Kependudukan dan Catatan Sipil Tautan atau link dengan web resmi Kependudukan dan Catatan Sipil
Badan Koordinasi KB Nasional Tautan atau link dengan web resmi Badan Koordinasi KB Nasional
Bakosurtanal Tautan atau link dengan web resmi Bakosurtanal (Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional)
Peta Dunia Tautan atau link dengan web peta dunia (Bing)
9 Forum Forum diskusi online sesama pengguna Prodeskel PMD
10 Keluar Keluar dari Prodeskel PMD



5 DATA : JENIS DAN KAIDAH

5.1 JENIS-JENIS DATA

Jenis-jenis data yang digunakan dalam sistem terutama untuk entri data terdiri atas empat jenis yaitu :
• Numerik ( 0 - 9 ) yaitu data dalam bentuk bilangan bulat dan desimal dalam format Indonesia
• Teks yaitu data karakter yang terdiri dari alfabet ( A - Z ) dan numerik ( 0 - 9 )
• Tanggal yaitu data yang menunjukan waktu berdasarkan hari, bulan dan tahun dalam format Indonesia
• Pilihan yaitu data yang bersifat statis/konstan yang terdiri atas :
- Kotak kombo (hanya untuk satu pilihan)
- Tombol kancing (hanya untuk satu pilihan)
- Tombol ceklis (lebih dari satu pilihan)

Jenis data ini menentukan bentuk antarmuka dan cara entri data yang akan digunakan dalam sistem. Antarmuka yang digunakan untuk jenis-jenis data tersebut diatas adalah sebagai berikut :



Gambar 5.1 Antarmuka dan Jenis-Jenis Data.

Ilustrasi cara entri data yang berhubungan dengan jenis-jenis data adalah sebagai berikut :

No Jenis Data Data Cara Entri Data Keterangan
1 Numerik
- Bilangan Bulat 3.350 Ketik  3350
- Bilangan Desimal 2.357,45 Ketik  2357,45
2 Teks Muhammad Ketik  Muhammad
3 Tanggal 30/12/1997 Ketik  30121997
4 Pilihan
- Kotak Autokomplit Ketik kata kunci dan pilih Satu pilihan
- Kotak Kombo Klik kotak kombo dan pilih Satu pilihan
- Tombol Kancing Klik tombol kancing pilihan Satu pilihan
- Tombol Ceklis Klik tombol ceklis pilihan Lebih dari satu pilihan

5.2 KAIDAH ENTRI DATA

• Tanggal  kolom kunci utama (primary key)
- Tanggal data yang valid adalah tanggal : 01/01/2012 sampai dengan Hari Ini
- Tanggal lahir yang valid adalah tanggal : 01/01/1900 sampai dengan Hari Ini
• Setiap data memiliki kolom kunci yang berbeda jenis dan jumlahnya
• Kolom kunci terletak di kolom-kolom awal (grid) dan maksimal ada tiga
• Sistem akan menolak untuk menyimpan data yang baru, jika semua data di kolom kunci sama persis dengan data dalam basisdata
• Kaidah entri data (untuk n = 1, 2, 3 ) :

Data Baru di n Kolom Kunci harus berbeda dengan Data di n Kolom Kunci basisdata

a) SATU KOLOM KUNCI

• Contoh data dengan satu (1) kolom kunci yaitu kolom Tanggal adalah sebagai berikut :



Gambar 5.2 Data Satu Kolom Kunci

• Entri Data Baru bisa disimpan jika data Tanggal tidak sama dengan tanggal yang sudah terdapat dalam basisdata tersebut diatas.

b) DUA KOLOM KUNCI

• Contoh data dengan dua (2) kolom kunci yaitu kolom Tanggal dan Nama Komoditas adalah sebagai berikut :



Gambar 5.3 Data Dua Kolom Kunci

• Entri Data Baru bisa disimpan jika data Tanggal dan Nama Komoditas tidak sama dengan tanggal dan komoditas yang sudah terdapat dalam basisdata tersebut diatas.

c) TIGA KOLOM KUNCI

• Contoh data dengan tiga (3) kolom kunci yaitu kolom Tanggal, Kategori dan Jenis Lembaga Ekonomi adalah sebagai berikut :



Gambar 5.4 Data Tiga Kolom Kunci

• Entri Data Baru bisa disimpan jika data Tanggal, Kategori dan Jenis Lembaga Ekonomi tidak sama dengan tanggal, kategori dan jenis lembaga ekonomi yang sudah terdapat dalam basisdata tersebut diatas.

FITUR SISTEM

6.1 PENCARIAN CEPAT

Pencarian cepat dilakukan dengan cara memberikan masukan kata kunci pada menu yang tersedia di bagian pojok kiri atas halaman data. Pencarian kata kunci oleh sistem akan dilakukan terhadap seluruh kolom halaman data yang aktif. Operator yang digunakan oleh sistem untuk pencarian adalah “mengandung kata”.



Gambar 6.1 Pencarian Cepat.

Pencarian cepat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Isi kotak teks pencarian cepat dengan kata kunci pencarian data
• Klik aikon untuk melihat hasilnya
• Setelah ditemukan kemudian sistem akan menampilkan seluruh data yang mengandung kata kunci yang dicari

Pencarian cepat dapat juga berfungsi sebagai penyaring, karena data yang ditampilkan sesuai dengan kata kunci dan secara otomatis baris Total Laporan akan menyesuaikan dengan data yang aktif. Jika kata kunci dikosongkan maka sistem akan menampilkan seluruh data atau mengembalikan pada halaman data sebelumnya.

6.2 PENCARIAN KHUSUS

Jenis pencarian data ini lebih khusus ditujukan untuk mencari data di kolom-kolom kunci tertentu saja sehingga diharapkan hasil pencarian lebih presisi/akurat. Terdapat dua jenis data untuk melakukan pencarian khusus yaitu :
a. Data Teks yaitu kolom kunci data jenis teks dan menggunakan operator :
• “mengandung kata”
• “sama dengan”
b. Data Numerik yaitu kolom kunci data jenis numerik/angka dan menggunakan operator :
• “sama dengan” ( = )
• “lebih besar dari” ( > )
• “lebih besar sama dengan” ( ≥ )
• “lebih kecil dari” ( < )
• “lebih kecil sama dengan” ( ≤ ) dan
• “antara” ( a ≤ x ≤ b )

Pencarian dilakukan untuk menemukan data yang bersesuaian dengan isi kolom kunci dan antar kolom kunci dipadukan menggunakan operator “dan”. Pencarian khusus ini dilakukan dengan cara sebagai berikut :

• Klik tombol Pencarian seperti gambar di bawah ini



Gambar 6.2 Tombol Pencarian Khusus.

• Proses selanjutnya adalah sistem menampilkan menu di bawah ini



Gambar 6.3 Menu Pencarian Khusus.

• Pilih operator yang digunakan untuk pencarian data
• Isi data kolom kunci yang akan digunakan sebagai penyaring data
• Setelah kolom kunci terisi data klik tombol Pencarian untuk melihat hasilnya
• Selanjutnya sistem akan menampilkan halaman data yang sesuai dengan kolom-kolom kunci
• Untuk menghapus data di kolom-kolom kunci klik tombol Bersihkan
• Untuk mengubah data di kolom-kolom kunci klik tombol Edit
• Setelah proses pencarian data selesai, klik tombol Kembali untuk mengaktifkan halaman data sebelumnya.

Sama halnya dengan pencarian cepat, pencarian khusus ini dapat juga berfungsi sebagai penyaring, karena data yang ditampilkan sesuai dengan kolom-kolom kunci dan secara otomatis baris Total Laporan akan menyesuaikan dengan data yang aktif.

6.3 PENGURUTAN DATA

Pengurutan adalah fitur aplikasi yang dapat mengurutkan data berdasarkan kolom-kolom yang dikehendaki (lebih dari satu kolom) untuk melengkapi fitur pengurutan dalam halaman data yang aktif (pengurutan data satu kolom). Metode pengurutan data ada dua yaitu secara menaik (ascending) atau menurun (descending). Untuk melakukan pengurutan data dilakukan dengan cara sebagai berikut :

• Klik tombol Pengurutan seperti gambar di bawah ini



Gambar 6.4 Tombol Pengurutan Data.

• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu pengurutan data sebagai berikut :



Gambar 6.5 Menu Pengurutan Data.

• Pilih kolom kunci yang dikehendaki dengan cara klik kolom di kotak sebelah kiri, misalnya klik di kolom Provinsi
• Klik tanda panah ke kanan , atau klik ganda kolom yang dimaksud, selanjutnya kolom Provinsi akan pindah ke kotak tengah
• Klik kolom Provinsi di kotak tengah
• Pilih metode pengurutan di menu kanan dengan cara klik tombol atau
• Lakukan langkah tersebut diatas jika menginginkan tambahan kolom kunci
• Untuk membuang kolom kunci yang sudah dipilih di kotak tengah, klik kolom yang dimaksud
• Kemudian klik tanda panah ke kiri
• Jika menginginkan semua kolom dipindahkan, klik tanda panah ganda ke kekiri dan begitu juga sebaliknya
• Tanda panah ke atas dan bawah digunakan untuk mengubah urutan/posisi pengurutan data yang dikehendaki
• Setelah selesai dengan pemilihan kolom dan metode pengurutan kemudian klik tombol Oke untuk melihat hasilnya
• Untuk keluar dari menu pengurutan klik tombol Keluar.

6.4 PENGATURAN KOLOM

Pengaturan kolom adalah fitur aplikasi yang dapat mengatur (menambah atau mengurangi) kolom yang ditampilkan dalam halaman data yang aktif. Pengaturan kolom dilakukan dengan cara sebagai berikut :

• Klik pada tombol Kolom seperti gambar di bawah ini



Gambar 6.6 Tombol Pengaturan Kolom.

• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu sebagai berikut ini :



Gambar 6.7 Menu Pengaturan Kolom.

Di kotak sebelah kanan terdapat daftar kolom dengan warna hitam yang menandakan bahwa kolom-kolom tersebut aktif dalam halaman data. Untuk mengurangi kolom yang aktif adalah dengan cara :
• Pilih/klik kolom yang akan di non-aktifkan (pindah ke kotak sebelah kiri)
• Klik tanda panah ke kiri
• Ulangi untuk kolom-kolom yang lainnya
• Untuk menonaktifkan semua kolom dapat dilakukan dengan cara klik tanda panah ganda ke kiri
• Kolom yang sudah non-aktif di kotak sebelah kiri dapat diaktifkan lagi dengan cara :
• Pilih/klik kolom yang akan diaktifkan
• Klik tanda panah ke kanan
• Ulangi untuk kolom-kolom yang lainnya
• Untuk mengaktifkan semua kolom dapat dilakukan dengan cara klik tanda panah ganda ke kanan
• Tanda panah ke atas dan bawah digunakan untuk mengubah urutan/posisi pengurutan data
• Setelah pengaturan kolom sesuai dengan yang dikehendaki, kemudian klik tombol Oke untuk melihat hasilnya
• Untuk keluar dari menu pengurutan data klik tombol Keluar

6.5 NAVIGASI HALAMAN

Navigasi halaman adalah fitur yang digunakan untuk melakukan melihat halaman data selanjutnya sesuai dengan urutan data. Navigasi halaman ini disediakan karena secara default sistem hanya menampilkan data sebanyak 15 baris saja untuk menghemat memori komputer. Jika terdapat 60 baris data yang akan diaktifkan, maka sistem akan menampilkan data dalam 60/15 = 4 halaman data. Untuk melakukan penavigasian halaman ini dapat dilakukan dengan cara :



Gambar 6.8 Tombol Navigasi Halaman.

• Klik tombol panah ke kiri dan ke kanan untuk perpindahan satu halaman secara sekuensial (lihat gambar di atas)
• Klik nomor halaman yang tersedia untuk melompat ke halaman yang dikehendaki
• Klik tombol panah ke kiri yang paling kiri untuk pindah ke halaman pertama
• Klik tombol panah ke kanan yang paling kanan untuk pindah ke halaman terakhir

6.6 NAVIGASI BARIS HALAMAN

Navigasi baris halaman adalah fitur yang digunakan untuk mengatur jumlah baris data yang akan ditampilkan dalam halaman yang aktif. Walaupun secara default yang ditampilkan adalah 15 baris data, tapi sistem menyediakan fasilitas untuk mengubah jumlah baris data yang ditampilkan menjadi 15, 30, 50 atau seluruh baris data (all).



Gambar 6.9 Tombol Navigasi Baris Halaman.

Untuk melakukan pengubahan jumlah baris data dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik pada combo box seperti gambar diatas
• Pilih jumlah baris yang dikehendaki
• Secara otomatis sistem akan melakukan perubahan jumlah baris pada halaman data yang aktif sesuai dengan jumlah baris data yang dipilih

6.7 GRAFIK

Grafik yang terdapat dalam aplikasi ini ada dua jenis yaitu batang dan pai untuk kelengkapan fitur dalam laporan. Grafik berguna untuk memberikan informasi secara visual ringkasan/rekapitulasi data yang sedang aktif. Fitur yang terdapat dalam grafik antara lain adalah :
• Grafik dalam warna berbeda untuk setiap peubah
• Jenis grafik dapat diubah dari grafik batang ke pai dan sebaliknya
• Data dapat diurutkan secara menaik atau menurun
• Memperlebar atau mempertinggi halaman grafik



Gambar 6.10 Grid Rekapitulasi.

Fitur-fitur tersebut dapat di atas dapat difungsikan dengan cara sebagai berikut :



Gambar 6.11 Grafik Batang.

• Gambar di atas ini adalah contoh grafik batang, misalnya kita ingin mengurutkan data secara menurun
• Klik aikon yang terletak di pojok kiri atas
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu sebagai berikut :



Gambar 6.12 Menu Pengurutan Nilai Grafik.


• Klik kotak kombo Mengurutkan nilai
• Pilih Descending
• Klik tombol Oke untuk melihat hasilnya seperti gambar di bawah ini



Gambar 6.13 Grafik Batang dengan Pengurutan Nilai.


Jika ingin mengubah menjadi grafik pai dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon yang terletak di pojok kiri atas
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu sebagai berikut :



Gambar 6.14 Menu Pemilihan Jenis Grafik.


• Klik kotak kombo Jenis Grafik
• Pilih Pai
• Klik tombol Oke untuk melihat hasilnya seperti gambar di bawah ini



Gambar 6.15 Grafik Pai.

Untuk mempertinggi dan memperlebar halaman grafik dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik aikon yang terletak di pojok kiri atas
• Setelah muncul menu, ubah jumlah piksel di kolom Lebar dalam piksel dan Tinggi dalam piksel
• Klik Oke untuk melihat hasilnya

6.8 PENCETAKAN

Pencetakan adalah fitur yang digunakan untuk memindahkan keluaran aplikasi ke halaman lain tanpa ada banner dan bar menu. Selanjutnya proses pencetakan dilakukan olehperamban web dan jenis printer lokal/jaringan yang dimiliki. Untuk melakukan proses pencetakan adalah dengan cara sebagai berikut :
• Klik Cetak



Gambar 6.16 Tombol Pencetakan.

• Selanjutnya aplikasi akan menampilkan menu sebagai berikut :



Gambar 6.17 Menu Pengaturan Pencetakan.

• Pilih salah satu opsi Cetak yaiut Halaman Saat Ini atau Laporan Lengkap.
Yang dimaksud dengan Halaman Saat Ini adalah pencetakan dilakukan terhadap halaman data yang tampil di layar monitor komputer. Sedangkan yang dimaksud denganLaporan Lengkap adalah pencetakan dilakukan terhadap seluruh data yang aktif dari baris awal sampai dengan akhir data.
• Pilih opsi Diwarnai yaitu Hitam dan Putih atau Warna Lengkap.
Yang dimaksud dengan Hitam dan Putih adalah hasil pencetakan hanya berwarna hitam dan putih walaupun terdapat warna lain selain hitam dan dilakukan dengan menggunakan printer warna. Sedangkan yang dimaksud dengan Warna Lengkap adalah hasil pencetakan sama persis dengan warna yang ditampilkan di layar monitor jika menggunakan printer warna.
• Klik tombol Oke untuk melihat hasilnya seperti gambar di bawah ini.



Gambar 6.18 Preview Laporan.

• Untuk mencetak ke printer, tekan secara bersamaan di papan ketik Ctrl dan P
• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu sebagai berikut (tergantung jenis peramban webnya) :



Gambar 6.19 Menu Pencetakan Mozilla Firefox.



Gambar 6.20 Menu Pencetakan Google Chrome.


• Pilih printer yang sudah tersedia dan terpasang di komputer dengan cara :
- Klik Name (Mozilla Firefox)
- Klik Ubah (Google Chrome)
• Klik OK (Mozilla Firefox) atau Klik Simpan (Google Chrome)

6.9 EKSPOR DATA

Ekspor data adalah fitur aplikasi yang berfungsi sebagai pengkonversi data dari format HTML menjadi format Microsoft Excel. Jika proses ekspor data ini berhasil berarti sistem telah melakukan proses pembuatan file dalam format Microsoft Excel yang dapat didownload (unduh) dan dilihat di komputer secara lokal. Untuk melakukan ekspor data yang aktif di layar komputer dilakukan dengan cara sebagai berikut :
• Klik XLS pada gambar di bawah ini.



Gambar 6.21 Tombol Ekspor Data ke Microsoft Excel.

• Selanjutnya sistem akan menampilkan menu status kemajuan ekspor data dan memproduksi file Microsoft Excel. Lamanya proses ekspor data ini tergantung pada besarnya ukuran data.
• Jika telah selesai akan muncul pesan “File berhasil dibuat” dan menampilkan menu seperti di bawah ini



Gambar 6.22 Menu Status Proses Ekspor Data.

• Selanjutnya file tersebut dapat di download (unduh) untuk disimpan di komputer lokal dengan cara klik Download
• Untuk keluar dari proses ekspor data, klik Kembali

2 komentar:

BNNNER 3